Yeah, Let’s Call it “DOR”

Pernah ga sih suatu saat lo dilanda rasa kecewa karena udah salah ambil keputusan? teriak-teriak di dalam hati “gila! bego banget gue, kenapa gue ambil itu!” atau “hah! coba gue kaya gini/gitu” dll….

Yup, beberapa saat (hari) lalu gw sempet menderita kondisi itu. Atauuuu mungkin beberapa hari sebelumnya, beberapa bulan sebelumnya, atau mungkin sepanjang tahun kemarin otak dan hati gue diselimuti ratusan kalimat-kalimat “coba kalo gue gini/gitu, pasti ga bakal gini/gitu”…..

Umph…. let’s call it a declaration of regret (DOR).

Kalo udah terjangkit DOR dan nggak segera disadari dan dicari obat peredanya, dampaknya bisa nyebar cepat. Bisa ilang motivasi kerja: males ngampus, males ngantor, males mandi (udah biasa kayaknya :p), etc. Bisa ilang semangat meraih mimpi: jadi individu yang galaw berkepanjangan dan stuck on one point (bah!). Bahkaaaan kita bisa aja ambil jalan yang makin salah karena kebawa emosi penyesalan yang luar biasa menggelora: misal lo kesel banget sama ortu lo terkait prinsip misal, sampe-sampe lo nyeletuk “coba ortu gue kaya si X/Y/Z yang gini gini gini”…oww yeah itu benar-benar gangguan mental akut, please segera sadar kalo udah sampe tahap ini. Walo gue tau hampir semua orang pernah terbersit kalimat macam itu di otaknya. Salah satu temen nge-post picture di Path yang isinya seperti ini:

” Love your parents
We are so busy growing up,
We often forget they are also growing old. “

 

Intinya, ga ada orang di dunia ini yang bisa luput dari jangkitan DOR. even gue sekalipun huhuhu T_T (individu yang sedang kehilangan motivasi kerja). Yeah, gue kemarin-kemarin sempat dikuasai emosi dikarenakan iseng flash back ke masa lalu yang mau ga mau andil aktif dalam merangkai masa depan gue sampe sekarang, sampai akhirnya gue nyeletuk “Damn! kenapa gue bego banget ngelakuin hal itu dulu? kalo ngga kaya gitu kan gue sekarang udah bisa gini gini gini….”. Percuma! yupp Percuma semua kata-kata gue itu. useless! kosong! karena penyesalan itu ga ada artinya. Dan serta merta pipi gue kaya ditabok keras sama Mario Irwinsyah yang iklannya itu ngena banget….

 ” Pilihan yang salah terkadang membawa kita ke arah yang benar.
Pilihan benar bukan jalan menuju pengalaman.
Saat dihadapan pilihan, pilih untuk menjalani “

 

Yeah guys. Manusia perlu salah dulu buat bisa dapat belai kasih sayang Tuhan melalui hidayah-Nya yang kemudian mengembalikan manusia itu ke jalan yang benar…God Bless Us 🙂

Leave a comment